Pendakian ke Kawah Gunung Ijen Dibuka Kembali, Ini Syaratnya

Home / Wisata / Pendakian ke Kawah Gunung Ijen Dibuka Kembali, Ini Syaratnya
Pendakian ke Kawah Gunung Ijen Dibuka Kembali, Ini Syaratnya Penambang belerang di Kawah Gunung Ijen (Foto : Dokumentasi TIMESIndonesia)
Fokus Berita

TIMESKALSEL, BANYUWANGI – Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Gunung Ijen yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur kembali dibuka untuk para wisatawan. Namun harus mentaati protokol kesehatan.

"Iya betul, pengunjung harus patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hari ini kita simulasikan," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi M.Y Bramuda, Senin (29/6/2020).

Bramuda mengatakan, simulasi pembukaan TWA Kawah Ijen dilakukan selama dua hari. Yaitu Senin sampai Selasa 29-30 Juni 2020. Waktunya sendiri mulai pukul 08.00 - 13.00 Wib.

"Pengunjung diwajibkan registrasi atau booking melalui aplikasi Banyuwangi Tourism," paparnya.

Para pengunjung yang ingin mendaki Gunung Ijen, lanjut Bram, diwajibkan mematuhi aturan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

"Kalau memang hari ini semuanya sudah baik, para petugas dan pengunjung sudah menjalankan sesuai dengan SOP, maka kita akan buka seterusnya," ujar Bramuda.

Selain itu, guna mencegah membludaknya para pengunjung yang hendak naik ke puncak Kawah Ijen, petugas membatasi dengan skema jumlah kuota.

"Per hari maksimal 225 orang saja, tidak lebih. Ini demi keamanan dan kenyamanan saat new normal," terangnya.

Selama masa simulasi tersebut, tiket masuk TWA Kawah Gunung Ijen digratiskan. Meski begitu semua pengunjung harus mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com