Tips Menyimpan Makanan agar Tahan Lama

Home / Gaya Hidup / Tips Menyimpan Makanan agar Tahan Lama
Tips Menyimpan Makanan agar Tahan Lama Ilustrasi - menyimpan makanan. (FOTO: shutterstock.com)

TIMESKALSEL, JAKARTA – Saat menjalani isolasi diri selama pandemi virus Corona atau Covid-19, banyak yang memilih untuk menyimpan bahan makanan agar tak sering keluar rumah. Lalu, bagaimana cara menyimpan makanan agar tahan lama?

Dilansir dari Antara, berikut ini beberapa cara untuk menyimpan sayur dan bahan makanan lain agar tahan lama.

1. Rebus sebelum simpan di lemari pembeku

Dalam menyimpan sayuran seperti brokoli dan kacang-kacangan, rebuslah selama 30 detik sebelum anda simpan di lemari pembeku.

2. Potong sebelum simpan di lemari pembeku

Untuk beberapa sayuran seperti wortel, potonglah dahulu sebelum disimpan di kulkas. Hal ini untuk memperlambat pembusukan wortel akibat kandungan air dalam wortel.

3. Bungkus dengan tisu

Bungkuslah sayuran anda terutama sayuran berdaun dengan tisu sebelum disimpan di dalam kulkas. Kemudian simpan sayuran tersebut di tempat makan atau plastik yang kedap udara.

4. Buat bahan makanan menjadi acar

Acar memiliki daya tahan lebih lama dibanding sayuran mentah. Anda dapat merendam sayuran di dalam cairan cuka dan minyak sayur. Anda juga bisa menambahkan bawang putih dan cengkeh. Makanan yang bisa dijadikan acar antara lain daging, timun, tomat, jahe dan jamur.

5. Buat jus

Untuk menyimpan buah dan sayuran supaya lebih awet, Anda bisa membuatnya menjadi jus, kemudian masukan jus ke dalam botol minum tertutup dan simpan di kulkas.

6. Simpan produk susu di kulkas bagian dalam

Sering kali kita menyimpan produk susu seperti keju, mayonais, yogurt dan susu di pintu kulkas, namun sebaiknya kita simpan di bagian dalam kulkas.

Hal ini disebabkan karena bagian dalam kulkas memiliki suhu lebih dingin, dan lebih jarang terekspos udara hangat seperti bagian pintu. Hal ini bisa mengurangi pertumbuhan bakteria pada produk tersebut.

7. Jangan simpan bahan makanan ini di kulkas

Beberapa makanan akan lebih tahan lama bila disimpan di luar, daripada di dalam kulkas seperti; kentang, bawang putih dan bawang bombai. Namun simpan bahan makanan jauh dari cahaya matahari langsung dan tempat lembab. Menyimpannya dalam suhu ruangan justru dapat menjaga kesegaran bahan makanan ini. 

Itulah cara menyimpan makanan agar lebih tahan lama. Jika makanan lebih tahan lama, Anda juga tidak perlu sering keluar rumah saat menjalani masa isolasi diri selama pandemi Covid-19. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com