PDI Perjuangan Gelar Lomba Kreatif untuk Kenang Bung Karno

Home / Berita / PDI Perjuangan Gelar Lomba Kreatif untuk Kenang Bung Karno
PDI Perjuangan Gelar Lomba Kreatif untuk Kenang Bung Karno Ketua Panita Bulan Bung Karno, Djarot Saiful Hidajat (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESKALSEL, JAKARTA – DPP PDI Perjuangan membuka berbagai perlombaan untuk meramaikan peringatan Bulan Bung Karno. Informasi lomba disebar secara masif sejak hari ini, yang bertepatan dengan hari lahir Sang Proklamator dan Bapak Bangsa RI. 

Bagi PDI Perjuangan sejak 2010, Juni disebut sebagai Bulan Bung Karno karena pada bulan ini ada momen penting yang berkaitan dengan Bung Karno. Kelahiran Pancasila pada 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat. 

PDI Perjuangan menggelar berbagai program serta lomba yang dikerjakan secara kreatif dan memperhitungkan faktor kekinian. Dengan agenda ini, diharapkan mengundang keterlibatan aktif kader partai dan masyarakat umum sekaligus untuk semakin menamamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pelaksanaan lomba sejak 6-25 Juni 2020 dan pengumuman pemenangnya pada 30 Juni mendatang," jelas Ketua Panita Bulan Bung Karno, Djarot Saiful Hidajat di Jakarta, Sabtu (6/6/2020) malam.

Ketua DPP PDI Perjuangan bidang ideologi ini menjelaskan lomba itu antara ngevlog tentang sejarah perjuangan Bung Karno. Durasi 3 menit dengan sejumlah tema. Disosialisakan di media sosial dan diberikan sejumlah hadiah bagi pemenang.

"Ada juga lomba ngevlog di tempat bersejarah Bung Karno yang dibuat secara langsung, sambil memberikan narasi singkat, padat dan jelas tentang tempat bersejarah tersebut dan ditutup dengan harapan mengenai Indonesia pada 2045 mendatang. Durasinya 3 menit," kata Djarot.

"Selanjutnya diadakan lomba video dokumenter dengan durasi 5-10 menit dengan sejumlah tema yang telah ditentukan panitia. Memaparkan program/karya yang telah lebih dari 3 bulan dirasakan dampaknya oleh masyarakat," papar Djarot.

Dijelaskannya, semua pemenang mendapat buku terkait Bung Karno yakni Dibawah Bendera Revolusi dan Penyambung Lidah Rakyat.

Di tempat terpisah, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menambahkan selain lomba yang dipaparkan Djarot tadi akan ada juga beberapa agenda lain seperti lomba cipta lagu, bakti sosial, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan, bahkan pagelaran wayang secara streaming telah dilakukan dua kali. Sejumlah kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal.

Hasto menambahkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan seluruh kegiatan bulan Bung Karno tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 ini akan dilakukan secara daring, melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media, dengan Tema: “Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19”

"Dalam peringatan Bulan Bung Karno ini, PDI Perjuangan membuka ruang inovasi dan kreativitas yang seluas-luasnya bagi para Pemuda Indonesia guna mengekspresikan seluruh ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan perjuangan Bung Karno tersebut dengan menjawab berbagai tantangan dan persoalan bangsa agar dengan penuh keyakinan menempuh jalan kemajuan di seluruh aspek kehidupan," papar Hasto.

Ditambahkan, Megawati mengharapkan peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri.

"Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan," tandas Hasto, Sekjen PDI Perjuangan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com